53 Knalpot Racing yang Tidak Merusak Mesin Motor dan Aman Cocok Buat Harian
knalpotracing.co.id – Knalpot racing telah menjadi topik hangat dalam komunitas pecinta motor selama bertahun-tahun. Di satu sisi, mereka dianggap sebagai peningkatan performa yang lumayan cukup signifikan bagi mesin motor, sementara di sisi lain, banyak yang mengklaim bahwa penggunaannya dapat merusak mesin. Namun, apakah benar knalpot racing dapat digunakan tanpa merusak mesin motor? Artikel ini akan menguraikan fakta-fakta dan opini terkait perdebatan tersebut.
Apa Itu Knalpot Racing?
Sebelum kita membahas apakah knalpot racing merusak mesin motor, penting untuk memahami apa itu knalpot racing dan bagaimana cara kerjanya. Knalpot racing merupakan salah satu jenis knalpot aftermarket yang dirancang untuk meningkatkan peforma mesin motor dengan meningkatkan aliran udara dan pembuangan gas buang tanpa ada hambatan atau di kenal dengan knalpot freeflow. Berbeda dengan knalpot standar yang biasanya dibuat untuk mematuhi regulasi emisi dan kebisingan dia dibuat dengan banyak skat skat , knalpot racing lebih fokus pada peningkatan kinerja mesin motor agar lebih maksimal
Gambar Perbedaan Knalpot Standard dan Racing
Dalamnya knalpot racing , seperti yang kita ketahui bahwa knalpot racing itu bagian dalam silincernya tidak ada skat2 atau penghalang gas buang jadi langsung dari mesin ke leheran dan ke silincer flow tidak ada hambatan , Kurang lebih hanya berisi tabung silincer, kemudian saringan knalpot dan bagian end cup (penutup knalpot).
Nah kalau dengan knalapot standard gimana…? untuk knalpot standard mas bro bisa lihat pada gambar dibawah ini , mas bro bisa perhatikan bahwa bagian dalam knalpot standard atau knalpot ori terdapat bagian skat2 yang mana fungsi dari skat ini yaitu untuk mengurangi bising dan agar lolos uji emisi saat produksi motor di semua brand atau merek motor.
Fakta Tentang Knalpot Racing:
Sebelum membahas apakah knalpot racing dapat merusak mesin motor, berikut beberapa fakta yang perlu dipertimbangkan:
- Peforma Motor Meningkat: Knalpot racing sering kali dapat meningkatkan kinerja mesin dengan meningkatkan aliran udara dan pembuangan gas buang. Ini dapat menghasilkan peningkatan power dan torsi pada mesin motor.
- Suara yang Lebih keras Salah satu ciri khas knalpot racing adalah suara yang lebih keras dan menggelegar. Ini seringkali menjadi daya tarik bagi penggemar motor yang mencari pengalaman berkendara yang lebih seru.
- Perubahan Terhadap Regulasi: Penggunaan knalpot racing dapat melanggar regulasi emisi dan kebisingan di beberapa wilayah. Pengendara perlu memperhatikan regulasi tersebut sebelum mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. selain itu bisa kena tilang polisi .
Mitos dan Realita tentang Knalpot Racing:
Terdapat sejumlah mitos dan realita yang mengelilingi penggunaan knalpot racing. Mari kita telaah beberapa di antaranya:
Mitos:
- Knalpot Racing Merusak Mesin Motor: Salah satu mitos yang seringkali tersebar adalah bahwa knalpot racing dapat merusak mesin motor karena meningkatkan tekanan pembuangan gas buang pdahal sebenarnya aman aman saja asal jangan telat ganti oli dan pengaturan settingan ecunya pas .
- Garansi Motor Batal: Beberapa orang percaya bahwa penggunaan knalpot racing akan membatalkan garansi mesin motor. Hal ini tidak selalu benar dan dapat bervariasi tergantung pada produsen motor dan peraturan garansi.
- Kinerja Mesin Terpengaruh: Ada anggapan bahwa knalpot racing hanya memberikan kenaikan power dan torsi yang kecil dan tidak sebanding dengan risiko merusak mesin.hal tersebut tidak benar, karena hanya mengganti knalpot racing power dan torsi motor bisa naik 1 hp an .
Realita:
- Tergantung pada Konfigurasi: Pengaruh knalpot racing terhadap mesin motor bergantung pada konfigurasi dan tuning mesin secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, knalpot racing dapat meningkatkan kinerja tanpa merusak mesin jika dipasang dan disetel dengan benar.
- Pentingnya Penyetelan Ulang: Penggunaan knalpot racing seringkali membutuhkan penyetelan ulang pada mesin untuk memastikan pembakaran yang optimal. Tanpa penyetelan ulang yang tepat, penggunaan knalpot racing dapat merusak mesin dan mengurangi kinerja.
- Kualitas Produk: Kualitas knalpot racing juga memainkan peran penting dalam menentukan apakah knalpot tersebut akan merusak mesin atau tidak. Knalpot racing berkualitas tinggi biasanya dirancang dengan memperhitungkan karakteristik mesin dan meminimalkan risiko kerusakan.
Kesimpulanya penggunaan knalpot racing itu motor standard itu aman2 saja tidak ada masalah besar yang menyebabkan mesin rusak secara tiba tiba ,penggunaan knalpot racing justru bisa menambah power dan torsi motor kita biasanya naik 1 hp saat di lakukan test dyno tapi tergantung merk knalpot racingnya yaa kalau hanya merk2 knalpot abal2 ya malah bisa jadi turun power dan torsinya karena speknya dibuat hanya untuk suara saja bukan untuk meningkatkan peforma.
Selain itu perawatan dari penggantian oli juga jangan sampe telat , usahakan untuk mengganti oli 1000km atau 1500km ganti oli agar lebih aman saja yang di takutkan kita geber2 motor ehh tiba2 olinya tinggal 1 gelas dari jumlahnya 1 liter akhirnya bisa rusak deh motornya kalau telat ganti oli.
Cara Menggunakan Knalpot Racing Tanpa Merusak Mesin:
Meskipun terdapat risiko penggunaan knalpot racing, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan risiko merusak mesin:
- Pemilihan Produk yang Tepat: Pilihlah knalpot racing dari produsen terpercaya yang telah terbukti menghasilkan produk berkualitas tinggi dan kompatibel dengan jenis motor Anda dam dapat meningkatkan peforma mesin motormu.
- Penyetelan Ulang Mesin: Pastikan untuk melakukan penyetelan ulang pada mesin setelah memasang knalpot racing (setel ECU agar tidak nembak2 atau brebet) Ini akan memastikan bahwa mesin beroperasi secara optimal dengan knalpot baru.
- Perhatikan Indikator Kinerja: Amati indikator kinerja mesin setelah mengganti knalpot menjadi yang racing. Jika terjadi penurunan kinerja atau gejala-gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan mekanik terpercaya.
- Lakukan Perawatan Rutin: Lakukan perawatan rutin pada motor, termasuk pemeriksaan knalpot, untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak ada tanda-tanda kerusakan yang terjadi dan juga jangan telat ganti oli motor.
Kesimpulan:
Penggunaan knalpot racing dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan bagi mesin motor. Namun, seperti halnya dengan modifikasi lainnya, ada risiko yang terkait dengan penggunaannya, termasuk risiko merusak mesin. Penting bagi pengendara untuk memahami fakta-fakta dan realita terkait penggunaan knalpot racing, serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalkan risiko kerusakan. Dengan pemilihan produk yang tepat, penyetelan ulang yang benar, dan perawatan yang rutin, knalpot racing dapat digunakan tanpa merusak mesin motor. Sebuah keputusan yang bijaksana dan berdasarkan pengetahuan akan membantu menjaga kinerja dan integritas mesin motor Anda.
Rekomendasi Knalpot Racing yang Bagus untuk Mesin Standar
Knalpot racing telah menjadi pilihan populer bagi para penggemar motor yang ingin meningkatkan performa dan suara mesin mereka. Namun, memilih knalpot yang tepat untuk mesin standar memerlukan pertimbangan yang matang. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan serta merekomendasikan beberapa knalpot racing terbaik untuk mesin standar.
Apa yang Perlu Diperhatikan?
Sebelum memilih atau membeli knalpot racing untuk mesin standar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
- Tipe Knalpot: Ada dua jenis knalpot racing yang di jual di pasaran indonesia , yaitu Knalpot Kompetisi ( racing only/ berisik) dan knalpot standard racing (adem ngebas bentuknya kayak knalpot standard) dan biasanya untuk mesin standar
- Material: Knalpot racing biasanya terbuat dari stainless steel, titanium, atau karbon fiber. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
- Diameter Pipa: Diameter pipa knalpot yang terlalu besar dapat mengganggu aliran gas buang dan berdampak pada penurunan performa mesin. Pilihlah diameter pipa yang sesuai dengan spesifikasi mesin standar umumnya untuk motor dibawah 150 cc menggunakan inlet 38 mm sedangkan untuk 150 cc keatas menggunakan inlet 51 mm
- Karakter Suara: Knalpot racing menghasilkan suara yang lebih keras dan gahar, sedangkan untuk knalpot standar racing cocok digunakan untuk harian karena tidak terlalu berisik lebih mempunya karakter suara ngebas adem , Pilihlah karakter suara yang sesuai dengan preferensi Anda.
Berikut beberapa rekomendasi knalpot racing yang bagus untuk mesin standar:
Harga Knalpot Racing CMS
Gambar Knalpot | Nama Knalpot | Harga Knalpot | Link Pembelian Knalpot di Shopee |
Knalpot CMS Vario 125 150 Led Non Keyles | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot CMS Vario 150 New Keyles K59J | Rp 1.625.000 | Belinya disini | |
Knalpot CMS Mio Fino karbu standar bobok | Rp 450.000 | Belinya disini | |
KNALPOT CMS VARIO 160 | Rp 1.800.000 | Belinya disini | |
Harga Knalpot Rob1 Exhaust
Foto Knalpot | Nama Knalpot | Harga Knalpot | Link Pembelian |
Knalpot ROB1 Racing Vario New 2020 2019 STD Racing | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing NMAX New Cap V PNP, AEROX New | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Vario Old 2018 Under | Rp 1.350.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing NMAX Old Cup V Stainless Original | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
KNALPOT ROB1 RACING ADV 160 STD CAP V COVER SS – MEGABOMB | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Aerox old 155 cup V SS | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing BEAT Karbu BEAT Injeksi FI 2019 Under, SCOOPY 2019 Under Original | Rp 1.250.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 NMAX NEW/AEROX NEW CUP X STD Racing | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 GENIO, BEAT 2020, SCOOPY 2020 Original | Rp 1.250.000 | Belinya disini | |
Knalpot Rob1 New Nmax 155 TriOval DB killer Silincer hitam | Rp 1.350.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing PCX 160/Vario 160 SS Original | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Nmax old Std Bore Up 180-200CC ORIGINAL | Rp 1.750.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing HONDA ADV 150 dan 160 STD Racing | Rp 1.450.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 PCX 150 Megabomb Cap V PCX Lokal | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Kazama Beat Old STD Silencer hitam Cup V | Rp 950.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing AEROX Trioval DB Killer | Rp 1.350.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Aerox old Std Bore Up 180CC UP TO 200 ORIGINAL | Rp 1.750.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing STD Racing FAZZIO PNP, MIO Z Dan MIO M3 | Rp 1.350.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing XMAX STD Racing Powerfull With DB Killer | Rp 2.000.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing MX King std Racing | Rp 1.100.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Std Racing Yamaha F1ZR | Rp 875.000 | Belinya disini | |
knalpot Rob1 Mio std cap v cover ss | Rp 1.350.000 | Belinya disini | |
Knalpot Rob1 mio bore up original | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing VESPA Matic Sprint STD Racing Original | Rp 1.550.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing Kazama Yamaha mio karbu | Rp 950.000 | Belinya disini | |
Knalpot ROB1 Racing XMAX Trioval | Rp 2.500.000 | Belinya disini |
Harga Knalpot TZM Project Non SS Honda Series
Gambar Knalpot TZM | Nama Knalpot | Harga Knalpot TZM | Link Pembelian Knalpot TZM Ori di shopee |
Knalpot TZM Project Exhaust STD Non SS Pro Vario 125 /150 Old LED | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Exhaust STD Non SS Pro Vario 125 /150 New LED | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Exhaust STD Non SS Pro PCX 150 Lokal | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Buat PCX 160 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Vario 160 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Honda ADV 150 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Project Beat dan Scoopy Karbu | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Beat dan Scoopy FI ESP | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Beat New Deluxe | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Scoopy New 2021 – 2023 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Genio | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Vario 110 | Rp 700.000 | Belinya disini |
Harga Knalpot TZM Project Non SS Yamaha Series
Berikut ini ada beberapa daftar harga knalpot tzm project non SS untuk semua motor matic yamaha , mas bro klik link pada tabel link pembelian dibawah ini
Gambar Produk | Nama Knalpot | Harga Knalpot | Link Pembelian Knalpot TZM Ori di shopee |
Knalpot TZM Nmax Old | Rp 700.000 | Belinya disini
|
|
Knalpot TZM Aeorx Old | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Nmax New | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Aerox New | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Lexi | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Mio M3 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Soul GT 125 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Fino 125 | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Mio Sporty dan Smile | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Soul dan Fino Karbu | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Mio J | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Fazzio | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Knalpot TZM Grand Filano | Rp 700.000 | Belinya disini | |
Tips Memilih Knalpot Racing yang cocok untuk harian.
Berikut adalah beberapa tips untuk memilih knalpot racing yang tepat untuk mesin standar:
- Sesuaikan dengan Jenis Motor dan Spesifikasi Mesin: Pastikan knalpot yang Anda pilih cocok untuk jenis motor dan spesifikasi mesin Anda jadi waktu knalpotnya datang mas bro tinggal pasang tanpa merubah atau membeli part tambahan lagi ..
- Pilih Material yang Sesuai: Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Bahan standard knalpot racing yaitu Stainless steel, kemudian yang paling bagus ada titanium, dan yang terakhir ada karbon fiber (ini untuk pemanis,biar knalpot terlihat mewah ,mahal dan elegant ) semua bahan2 diatas memiliki kelebihan masing-masing,tapi minimal stainless biar anti karat.
- Pertimbangkan Diameter Pipa dan Karakter Suara: Pilih diameter pipa yang sesuai dengan spesifikasi mesin ,untuk inlet 38 mm dibawah 150 cc sedangkan inlet 50 mm biasanya 150 cc keatas tapi pastikan mas bro konsultasikan dengan mekanik terpercaya agar mendapatkan hasil mesin yang maksimal , kemudian mas bro bisa pilih karakter suara yang di inginkan,mau yang berisik ada tipe kompetisi , mau yang enak buat harian pilih yang tipe standard racing .
- Belilah di Toko Terpercaya: Pastikan Anda membeli knalpot racing dari toko yang terpercaya untuk mendapatkan produk berkualitas atau link rekomendasi shopee diatas dijamin barang bagus , berkualitas, dan bergaransi kalau ada masalah mas bro tinggal lansgung komplain ke penjualnya atau agent resminya.
Kesimpulan:
Memilih knalpot racing yang tepat untuk mesin standar adalah langkah penting untuk meningkatkan performa dan suara motor Anda tanpa melakukan perombakan besar. Perhatikan faktor-faktor seperti tipe knalpot, material, diameter pipa, dan karakter suara sebelum memutuskan knalpot yang akan Anda beli. Pastikan juga knalpot terpasang dengan benar untuk menghindari dampak buruk pada mesin. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memilih knalpot racing yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.