knalpotracing.co.id – Piston adalah komponen krusial dalam mesin pembakaran dalam (internal combustion engine), termasuk mesin sepeda motor. Bentuknya silindris dan bekerja naik-turun di dalam silinder untuk mengubah tekanan gas hasil pembakaran menjadi gerakan mekanis yang memutar poros engkol. Fungsi piston melibatkan kompresi campuran udara dan bahan bakar, serta transfer energi pembakaran ke komponen transmisi.
Kenapa Ukuran Diameter Piston Penting?
Ukuran diameter piston, atau bore, menjadi faktor utama dalam menentukan kapasitas silinder (cc), rasio kompresi, dan karakter tenaga mesin.
Untuk mekanik dan modifikator:
- Data diameter piston mempermudah perencanaan bore-up.
- Membantu mencocokkan piston aftermarket atau racing.
- Penting saat melakukan engine swap atau hybrid engine build.
Untuk pengguna awam:
- Mengetahui ukuran piston bisa membantu saat servis besar.
- Menjadi referensi jika ingin upgrade tenaga motor harian.
Peran Diameter Piston terhadap Performa dan Kompresi
- Diameter besar (overbore): cenderung meningkatkan tenaga di putaran atas.
- Diameter kecil (undersquare): kuat di torsi bawah dan hemat bahan bakar.
- Rasio bore-stroke: mempengaruhi karakter mesin (overbore vs undersquare).
- Diameter piston juga mempengaruhi kecepatan piston dan suhu kerja.
Baca Juga :
Klasifikasi Data
Perbedaan Mesin 2-Tak dan 4-Tak
| Fitur | Mesin 2-Tak | Mesin 4-Tak |
|---|---|---|
| Siklus Kerja | 1 putaran engkol = 1 pembakaran | 2 putaran engkol = 1 pembakaran |
| Torsi | Tinggi di RPM rendah | Lebih linier dan stabil |
| Konsumsi BBM | Boros | Lebih irit |
| Oli | Perlu oli samping | Menggunakan oli mesin |
| Suara | Keras dan nyaring | Lebih halus |
| Contoh Motor Honda | NSR150, Nova Dash, CR125 | Supra, CBR, GL, Tiger |
Klasifikasi Motor Honda
1. Motor Bebek (Cub Series)
- C70, C90
- Astrea 800, Prima, Star, Grand
- Supra 100, Supra X 125, Supra GTR 150
- Revo, Blade
2. Motor Matic
- Honda Beat, Vario 110/125/150/160
- Scoopy, Genio
- PCX 125/150/160
- ADV 150/160
3. Motor Sport
- GL Max, GL Pro
- Megapro, Tiger
- Verza, CB150R, Sonic
- CBR150R, CBR250RR
4. Trail / Dual Purpose
- Honda CRF150L, CRF250 Rally
- Honda XR Series
- Honda CR Series (2T trail)
5. Motor Klasik / Legendaris
- Honda S90, CB100, CB125
- Honda CS1
- Honda Nova Dash
Tabel Ukuran Diameter Piston Motor Honda
Berikut adalah tabel data lengkap ukuran diameter piston motor Honda dari jenis 2-tak dan 4-tak, mencakup model-model dari awal produksi hingga era modern. Data ini disusun berdasarkan jenis mesin dan kapasitas, dari bebek, sport, hingga matic.
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Mesin 2-Tak
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda S90Z | 89.5 cc | 47.0 mm | 49.5 mm |
| 2 | Honda S110 | 109 cc | 50.0 mm | 54.0 mm |
| 3 | Honda Nova Dash | 125 cc | 54.0 mm | 54.5 mm |
| 4 | Honda NSR 150 | 149 cc | 59.0 mm | 54.5 mm |
| 5 | Honda MT125R | 125 cc | 56.0 mm | 50.6 mm |
| 6 | Honda CR250R (2T) | 249 cc | 66.4 mm | 72.0 mm |
| 7 | Honda CR500R | 491 cc | 89.0 mm | 79.0 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Mesin 4-Tak Bebek & Matic
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda C70 | 70 cc | 47.0 mm | 41.4 mm |
| 2 | Honda C100 / Astrea 800 | 97.1 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 3 | Honda Astrea Grand | 97.1 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 4 | Honda Supra Fit | 97.1 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 5 | Honda Revo 100 | 97.1 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 6 | Honda Revo 110 | 109.1 cc | 50.0 mm | 55.6 mm |
| 7 | Honda Supra X 125 | 124.8 cc | 52.4 mm | 57.9 mm |
| 8 | Honda Blade 125 | 124.8 cc | 52.4 mm | 57.9 mm |
| 9 | Honda Vario 110 Karbu | 108 cc | 50.0 mm | 55.0 mm |
| 10 | Honda Vario 125 eSP | 124.8 cc | 52.4 mm | 57.9 mm |
| 11 | Honda Vario 160 | 156.9 cc | 60.0 mm | 55.5 mm |
| 12 | Honda Beat FI / eSP | 108.2 cc | 50.0 mm | 55.0 mm |
| 13 | Honda Scoopy eSP | 108.2 cc | 50.0 mm | 55.0 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Mesin 4-Tak Sport
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda GL100 | 105 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 2 | Honda GL125 | 124 cc | 56.5 mm | 49.5 mm |
| 3 | Honda GL Max 125 | 124.1 cc | 56.5 mm | 49.5 mm |
| 4 | Honda GL Pro 145 | 142.2 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 5 | Honda MegaPro 160 | 156.7 cc | 63.5 mm | 49.5 mm |
| 6 | Honda Verza 150 | 149.2 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 7 | Honda CB150R Old | 149.16 cc | 63.5 mm | 47.2 mm |
| 8 | Honda CB150R New / StreetFire | 149.16 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 9 | Honda CBR150R K45G | 149.16 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 10 | Honda CBR250RR | 249.7 cc | 62.0 mm | 41.4 mm |
| 11 | Honda Tiger 2000 | 196.9 cc | 63.5 mm | 62.2 mm |
| 12 | Honda CRF150L | 149.1 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 13 | Honda CRF250L | 249.6 cc | 76.0 mm | 55.0 mm |
| 14 | Honda CB500X | 471 cc | 67.0 mm | 66.8 mm |
| 15 | Honda CBR1000RR | 999 cc | 76.0 mm | 55.1 mm |
Berikut adalah lanjutan data lengkap ukuran diameter piston motor Honda, mencakup model big bike, trail, dan motor langka/produksi terbatas, baik 2-tak maupun 4-tak:
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Big Bike (4-Tak)
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda CB650R | 649 cc | 67.0 mm | 46.0 mm |
| 2 | Honda CBR650R | 649 cc | 67.0 mm | 46.0 mm |
| 3 | Honda CB500F/X | 471 cc | 67.0 mm | 66.8 mm |
| 4 | Honda CBR600RR | 599 cc | 67.0 mm | 42.5 mm |
| 5 | Honda CBR1000RR-R | 999 cc | 81.0 mm | 48.5 mm |
| 6 | Honda Goldwing 1800 | 1833 cc | 73.0 mm | 73.0 mm |
| 7 | Honda Africa Twin 1100 | 1084 cc | 92.0 mm | 81.5 mm |
| 8 | Honda Rebel 500 | 471 cc | 67.0 mm | 66.8 mm |
| 9 | Honda CB1100 | 1140 cc | 73.5 mm | 67.2 mm |
| 10 | Honda RC213V-S (rare) | 999 cc | 81.0 mm | 48.5 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Trail & Offroad (4-Tak & 2-Tak)
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda XR125L | 124 cc | 52.4 mm | 57.9 mm |
| 2 | Honda XR200 | 196 cc | 63.5 mm | 62.2 mm |
| 3 | Honda XR250 | 249 cc | 73.0 mm | 59.5 mm |
| 4 | Honda CRF150F | 149 cc | 57.3 mm | 57.8 mm |
| 5 | Honda CRF230F | 223 cc | 65.5 mm | 66.2 mm |
| 6 | Honda CRF250X | 249 cc | 78.0 mm | 52.2 mm |
| 7 | Honda CRF450R | 449 cc | 96.0 mm | 62.1 mm |
| 8 | Honda CR125R (2T) | 124.8 cc | 54.0 mm | 54.5 mm |
| 9 | Honda CR250R (2T) | 249 cc | 66.4 mm | 72.0 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Klasik & Langka
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda CB100 | 99 cc | 50.0 mm | 49.5 mm |
| 2 | Honda CB125 | 124 cc | 56.5 mm | 49.5 mm |
| 3 | Honda CB175 | 174 cc | 52.0 mm | 41.0 mm |
| 4 | Honda CB350 | 325 cc | 64.0 mm | 50.6 mm |
| 5 | Honda CB400 Four | 408 cc | 51.0 mm (×4 piston) | 50.0 mm |
| 6 | Honda CB750K | 736 cc | 61.0 mm | 63.0 mm |
| 7 | Honda CX500 | 497 cc | 78.0 mm (V-Twin) | 52.0 mm |
| 8 | Honda RC166 (race) | 249 cc | 39.0 mm ×6 pistons | 34.8 mm |
Berikut ini lanjutan data lengkap ukuran diameter piston motor Honda dari kategori mini bike, motorsport CBU, motor produksi terbatas, dan mesin khusus balap. Data ini juga sangat bermanfaat untuk keperluan restorasi, bore up, atau konversi lintas mesin.
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – Mini Bike & Cub Klasik
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda Monkey Z50 | 49 cc | 39.0 mm | 41.4 mm |
| 2 | Honda Gorilla | 49 cc | 39.0 mm | 41.4 mm |
| 3 | Honda Dax ST70 | 72 cc | 47.0 mm | 41.4 mm |
| 4 | Honda C50 Super Cub | 49 cc | 39.0 mm | 41.4 mm |
| 5 | Honda C70 Super Cub | 72 cc | 47.0 mm | 41.4 mm |
| 6 | Honda C90 Super Cub | 89 cc | 47.0 mm | 49.5 mm |
| 7 | Honda Super Cub C125 | 124.8 cc | 52.4 mm | 57.9 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Motor Honda – CBU & Motorsport Eropa-Jepang (4-Tak)
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda RVF400 (NC35) | 399 cc | 55.0 mm | 42.0 mm |
| 2 | Honda VFR400 (NC30) | 399 cc | 55.0 mm | 42.0 mm |
| 3 | Honda VTR250 | 249 cc | 60.0 mm | 44.1 mm |
| 4 | Honda CBR400RR | 399 cc | 55.0 mm | 42.0 mm |
| 5 | Honda CBR929RR | 929 cc | 74.0 mm | 54.0 mm |
| 6 | Honda CBR954RR | 954 cc | 75.0 mm | 54.0 mm |
| 7 | Honda RC51/SP1 (VTR1000R) | 999 cc (V-Twin) | 100.0 mm | 63.6 mm |
🛠️ Ukuran Diameter Piston Honda – Mesin Balap & Prototipe
| No | Model Motor | Kapasitas (cc) | Diameter Piston (mm) | Stroke (mm) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Honda RC166 (6 silinder) | 249 cc | 39.0 mm | 34.8 mm |
| 2 | Honda RC181 (4T GP bike) | 500 cc | 59.0 mm | 54.0 mm |
| 3 | Honda RS125 (balap 2T) | 124 cc | 54.0 mm | 54.5 mm |
| 4 | Honda RS250 (balap 2T) | 249 cc | 66.4 mm | 72.0 mm |
| 5 | Honda NSF250R (Moto3) | 249 cc | 78.0 mm | 52.2 mm |
| 6 | Honda RC213V (MotoGP) | 1000 cc | 81.0 mm | ≈48.5 mm |
🔧 Catatan: Regulasi Moto3 dan MotoGP menetapkan batas maksimal diameter piston, yaitu 81 mm untuk 1000 cc 4-tak, dan 78 mm untuk Moto3 250 cc.
Analisis dan Pembahasan
Tren Ukuran Piston
Dari motor klasik hingga modern, terjadi tren peningkatan diameter piston. Hal ini dilakukan untuk mengejar tenaga yang lebih besar, efisiensi pembakaran, serta menyesuaikan dengan teknologi injeksi dan emisi modern.
Contoh:
- Honda Grand: 50 mm
- GTR150/CBR150: 57.3 mm
- Vario 160: 60 mm
Bore-up dan Oversize
- GL Max → Tiger: Naik dari 57.3 ke 63.5 mm
- Grand → 53 mm: Bisa pakai piston F1ZR, Kaze, dll
- Beat 110 → 52.4 mm: Ambil dari Vario 125
Batas aman oversize piston:
- Harian: +0.25 hingga +1.00 mm
- Balap: Bisa lebih, tapi wajib liner ganti
Modifikasi Populer
- Piston Tiger ke GL: Perlu reamer head
- Piston CRF ke GTR: Power lebih kuat, stroke sama
- Piston Nova Dash: Favorit balap 2T
Tips dan Catatan Penting
Tips Memilih Piston
| Tujuan | Rekomendasi |
| Harian | Piston OEM, oversize ringan |
| Touring | Piston forged ringan, pendingin optimal |
| Balap | Piston racing, kompresi tinggi, ringan |
Bahaya Piston Tidak Sesuai
- Knocking (detonasi berlebih)
- Overheat
- Ring piston cepat aus
- Power drop karena mismatch
Wajib Saat Ganti Piston
- Cek clearance dan squish
- Ganti oli & gasket
- Lakukan balancing crankshaft jika oversize besar
- Pastikan dome piston sesuai chamber head
Penutup
Ukuran piston bukan sekadar angka di katalog. Ia menjadi dasar dari semua eksperimen mekanik, upgrade performa, dan tuning harian. Artikel ini disusun untuk menjadi referensi bagi:
- Bengkel motor
- Pelajar teknik otomotif
- Pengguna motor yang ingin paham jeroan motornya
📚 Simpan artikel ini sebagai referensi teknis permanen!
💬 Diskusi dan komentar sangat kami tunggu. Pernah bore-up GL pakai piston Tiger? Atau punya data tambahan model lain? Tulis di kolom komentar!