Kelebihan dan Kekurangan Knalpot Tridente 3 Suara Review Jujur
Hallo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id kali ini mimin mau sharing mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki knalpot tridente 3 suara , so buat mas bro yang sudah penasaran kira kira apa saja kelebihan knalpot tridente juga kekurangan knalpot tridente yuk simak terus tulisan saya dibawah ini .
Tulisan dibawah ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi ya bro, yang udah saya pake kurang lebih sekitar 3 tahunan,dulu beli di tahun 2016 pas awal awal rilis knalpot tridente 3 suara , knalpot digunakan untuk harian ,touring dan balapan drag, so buat yang penasaran langsung saja di baca sampe habis ya :v wkwkw
Intermizu sebentar ya , jadi kenapa sih kita harus mengganti knalpot standard dengan menggunakan knalpot racing…? jawabannya tentunya untuk mendongkrak tenaga pada motor biar performanya lebih maksimal, penggantian knalpot racing bisa meningkatkan akselerasi dan tenaga sekitar 1 hp. Berbagai merek dan tipe juga ada banyak yang di pasarkan di indonesia seperti knalpot tridente, knalpot r9 , knalpot wrx, knalpot creampie ,rx8 , proliner dan masih banyak lagi lainnya.
Untuk harganya sendiri mulai dari 900.000 an untuk matic dan 1.400.000 an untuk sport 150 cc sampai 3 jutaan untuk 250 cc 2 silinder. Lalu apa saja sih yang perlu di perhatikan sebelum membeli knalpot racing dan jangan sampe berakhir dengan kekecewaan ya bro.
Buat mas bro yang pengen beli coba perhatikan dulu tipe motornya dan juga knalpot yang mau di beli , jangan sampe misalnya ada kasus motor yang dimiliki yamaha vixion eh , beli knalpotnya punya honda new cb ya gak bakal bisa masuk bro wkkwwk lha wong beda leheran knalpotnya xixixi.
Tapi ada sebagian motor leheranya itu mirip2 alias sama , misalnya leheran knalpot punya GSX R 150 , bisa dipasang di GSX S 150 atau bisa juga di pasang di GSX 150 Bandit.
Untuk motor spek dibawah 150 cc biasanya akan menggunakan leheran knalpot racing dengan inlet 38 mm , sedangkan untuk motor 150 cc menggunakan leheran knalpot racing dengan inlet 50 mm . Kenapa berbeda..? jawabannya ya balik lagi berdasarkan spek mesinnya bro .
Kalau motor matic 125 cc di kasih inlet 50 mm tenaganya agak ngempos itu pengalaman pribadi saya vario 125nya tak kasih inlet 50 mm , tapi suaranya sangar wkwkw :v begitu juga sebaliknya jika motor 150 cc di kasih leheran knalpot racing inlet 35 mm performanya kurang maksimal malah ngempet tenaganya . Jadi tentukan spek motormu ya bro .
Untuk knalpot tridente ini sudah disediakan kok leheran knalpot racing yang sudah di riset dan cocok digunakan untuk harian , touring dan balap. Jadi sesuai dengan spek motor yang mas bro miliki.
Untuk knalpot tridente udah tersedia untuk matic dibawah 150 cc, matic 150 cc motor sport ada bahkan moge seperti honda rebel, kawasaki ER6 , KTM Duke 390 juga sudah ada , untuk lebih lengkapnya Baca Artikel dibwah ini
OK langsung saja tanpa berlama berikut ini beberapa kelebihan knalpot racing tridente dan juga kekurangan knalpot tridente berdasarkan pengalaman pribadi pake kurang lebih 1 tahunan .
Kelebihan Knalpot 3tech Tridente 3 suara
OK pertama tama disini saya akan bahas terlebih dahulu untuk kelebihannya ya bro , karena ini lah hal hal ALASAN SAYA MEMBELI KNALPOT TRIDENTE :
1. Menggunakan Bahan stainless Steel SUS 304 Japan
Saat saya berkunjung ke pabrik 3tech yang berlokasi di tangerang (cikupa) semua knalpot 3tech meliputi model ( Ronin , Tridente, Spartan ) semuanya sudah menggunakan bahan stainless steel 304 japan,bahan materialnya lumayan cukup berkualitas anti karat,ringan dan mudah menyerap suhu panas lebih cepat.
Bahan menggunakan Pipa berukuran 89 mm untuk diameter tabung bagian luar , kemudian panjang silincer ada yang 30 cm untuk tridente F19 dan Tridente F20 L , untuk spartan GP 3 dan Ronin panjang silincer 25 cm . Untuk matic /bebek dibawah 150 cc menggunakan inlet 38 mm , sedangkan untuk 150 cc sampai 250 cc menggunakan inlet 50 mm.
2. Menggunakan LAS Argon
Untuk membuat bagian header/leherannya , pipa pipa yang sudah di potong dan di bentuk tadi kemudian di las menggunakan las Argon yang dijamin pengelasan rapi dan mantab. Tinggal di tempel , bagian objek atau benda yang akan di las akan berputar sehingga pengelasan rata ,tidak ada yang tebal atau tidak ada yang tipis. mantab soul pokoknya :v
3. Leheran Knalpot Presisi
Pembuatan Header/Leheran knalpot tridente hampir semua motor saat ini sudah bisa , mulai dari motor matic dibawah 150 cc, matic 150 cc , motor bebek, motor sport 150 dan motor 250 cc , berikut ini beberapa daftar motor yang bisa dipasang knalpot tridente.
HONDA
Matic
- New Honda Vario 150 2018
- Honda Beat FI
- Honda Beat Street
- Honda PCX 150
- Honda Scoopy
- Honda Vario 125
- Honda Vario 150
- Honda Verza 150
- Honda Vario 110 FI
Sport,Fairing , dan Bebek
- Honda CBR 150R K45a Lokal
- Honda CBR 150R Gen 2 Thailand
- Honda New CBR 150R K45G Facelift
- Honda New CB 150R
- Honda Old CB 150R
- Honda Verza 150
- Honda New Megapro FI
- Honda Megapro Primus
- Honda Tiger Revo
- Honda CRF 150 L
- Honda Revo Absolute 110
- Honda Sonic 150 FI
- Honda Supra GTR 150
- Honda Blade 125
- Honda Supra X 125
- Honda New CBR 250 RR 2 Silinder
- Honda Rebel 500
YAMAHA
Matic
- Yamaha Aerox 155
- Yamaha Lexi 125
- Yamaha Mio Sporty
- Yamaha NMAX 155
- Yamaha X-ride 125
- Yamaha X-Ride 110
- Yamaha Xeon RC
- Yamaha XMAX 250
Sport,Fairing, dan Bebek
- Yamaha R15 V2
- Yamaha R15 V3
- Yamaha Byson FI
- Yamaha Byson Karbu
- Yamaha Jupiter Z1
- Yamaha MX King 150
- Yamaha New Vixion Advance
- Yamaha New Vixion Lightning
- Yamaha New Vixion R 155
- Yamaha Old Vixion
- Yamaha R25
- Yamaha MT25
- Yamaha Scorpio Z
- Yamaha Vega R
- Yamaha Xabre 150
- Yamaha MT 15
- Yamaha Jupiter MX 135 Old
- Yamaha Jupiter MX 135 New
SUZUKI
- Suzuki Bandit 150
- Suzuki GSX R 150
- Suzuki GSX S 150
- Suzuki Satria FU FI Injeksi
- Suzuki Satria FU Karbu
- Suzuki Skywave 125
KAWASAKI
- Kawasaki New Ninja 250 FI 2018
- Kawasaki Ninja 250 FI 2015
- Kawasaki Athlete
- Kawasaki Dtracker 150
- Kawasaki Dtracker 250
- Kawasaki ER6
- Kawasaki KLX 150 BF
- Kawasaki KLX 250
- Kawasaki KSR 125
- Kawasaki Ninja 250 FI
- Kawasaki Ninja 250 Karburator
- Kawasaki Ninja 250 Mono 1 Silinder
- Kawasaki Ninja Z250
- Kawasaki W175
- Kawasaki Z125
KTM
- KTM Duke 200
- KTM 200RC
- KTM Duke 250
- KTM 250 RC
- KTM 390
4. Leheran Tidak Menempel Undercowl / Fairing
Nah ini yang paling saya suka untuk produk 3tech ,leheran yang dibuat hampir semuanya tidak menempel pada bagian undercowl , atau body fairingnya , contoh di motor NVA , GSX R 150 , CBR 150 Facelift,New CB 150 masih aman2 a ja bro , berikut ini penampakannya.
5. Suara Knalpot Bisa disetel2 Mode Standard masih dibawah 80 DB
Alasan yang lain kenapa saya memilih knalapot tridente karena knalpot ini bisa disetel2 suaranya :v apa lagi kalau kita pulang malam dan lewat di jalan permukiman warga/perumahan tentunya gak enak sama tetangga kalau knalpot yang kita gunakan bising , tapi tenang..! kalau pake knalpot tridente aman cuy wkwk tidak bising lagi tinggal di puter shifternya pake mode standard , maka suara knalpot auto ADEM tidak berisik wkwk :v. Kemaren sempet saya test juga untuk tingkat kebisingan knalpot buatan 3tech menggunakan alat db meter digital hasilnya ternyata masih dibawah 80 db sesuai dengan aturan standard EURO indonesia.
dan berikut ini hasil pengukuran menggunakan alat db meter digital buataan dari BENETECH
6. Karakter Suara Knalpot Bervariasi
Nah ini nih yang paling saya suka wkkw di produk buatan 3tech banyak varian model dan suaranya ,misalnya mas bro pengen suara yang mode racingnya ngebas maka pilihannya ada :
Knalpot Tridente , tipe2nya ada tridente F19 , F20 , dan Tridente F22 ,sedangkan yang pengen gahar keras di mode racingnya maka bisa order tipe yang silincernya pendek kayak spartan GP 3 , spartan R 3 dan ronin katana. , berikut ini untuk bentuk model2nya.
– Tridente F19
– Tridente F20
– Tridente F22
Sedangkan yang pengen suaranya keras ,bulet , agak ngebas pilihannya antara lain
– Spartan R 3
– Spartan GP 3
– Ronin Katana
7. Leheran Knalpot Sudah di bekali Sensor 02 dan dudukan standard Tengah
Untuk header atau leheran khususnya motor yang menggunakan sensor O2 maka sudah di lengkapi lubang Sensor O2nya jadi pembeli tidak perlu melakukan perubahan lagi alias tinggal pasang aja sudah PNP (Plug and Play)
Berikut ini
Kekurangan Knalpot 3tech Tridente 3 suara
1. Kalau Asal Ganti Glaswol suaranya jadi sember pecah
Buat yang belum punya pengalaman ganti glaswol atau misalnya pengen ganti glaswol pastikan cari bengkel terpercaya dalam penggantian glaswol , kalau misalnya asal ganti glaswol biasanya suaranya bukan jadi enak malah jadi sumber atau pecah.
Untuk penggantian glaswol yang perlu di perhatikan adalah untuk paket rivetnya menggunakan ukuran 4.8mm x 12 dan untuk glaswolnya juga tidak boleh terlalu padat dan tidak boleh kurang , harus pas hahaa kalau misalnya gak mau ribet bisa diganti di 3tech center tangerang.
3. Leheran kadang presisi kadang gak presisi
Pengalaman pribadi waktu pasangin di motor konsumen saya pernah nemu leheran yang gak pas dipasang di motor , contoh kayak old cb , terus cbr 150 facelift , padahal sebelumnya sebelumnya saya pernah pasang itu presisi (pas) tinggal pasang, tapi kadang waktu pemasangan gak pas . Tapi untungnya dari 3tech sendiri ada fasilitas Retur barang , jadi kalau leheran gak pas maka bisa di kembalikan , terus nanti dari pabrik bakal ngirim leheran baru yang sudah pas .
Kesimpulannya
Nah menurutku after sales dari 3tech racinge evolution ini sudah bagus banget ,layanan top banget dah ,pokoknya gak nyeesl beli knalpot 3tech racing ,untuk produksi knalpot 2016 mau di service bisa banget , kemaren juga pernah service knalpot dari yang tampilannya jelek di rubah jadi bagus dan rapi banget