5 Kekurangan Knalpot Tridente 3 Suara
Halo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id kali ini mimin mau review kekurangan selama menggunakan knalpot tridente 3 suara dari 3tech racing evolution , saya sendiri udah menggunakan knalpot tridente kurang lebih 2 tahunan jadi review kekurangan dibawah ini berdasarkan pengalaman pribadi ya , so buat mas bro yang pengen beli knalpot tridente bisa juga baca tulisan saya yang ini :
Nah kekurangan dibawah ini mungkin saja di alami beberapa pengguna knalpot 3tech jadi tidak semuanya , dan mungkin saja tidak menjadi halangan karena mereka punya solusinya . Jadi kekurangan dibawah ini nanti saya sertakan juga solusinya biar mas bro bisa praktekan di rumah mengenai beberapa kekurangan knalpot tridente buatan 3tech racing evolution terus sama perawatannya biar awet sampe 2 tahunan lebih yuk di simak terus tips2 saya dibawah ini
Kekurangan Knalpot Tridente 3 Suara
1. Leheran/ Header Menguning
Menurut saya pribadi sih wajar yaa hampir semua knalpot racing yang ada di pasaran indonesia ,mau merk R9 , wrx, creampie , cld , daytona dan lain sebagainya pasti kekurangan di bagian leherannya menguning saat setelah digunakan . Walaupun bahan stainless steel bakalan menguning tapi bukan karatan ya.
Berikut ini salah satu kekurangan dan Penampakan leheran knalpot racing menggunakan bahan stainless steel yang terpasang di motor vixion sebelum dan sesudah pemakaian
Mas bro bisa perhatikan gambar diatas dan bandingkan sendiri ya, gambar yang pertama leheran knalpot masih terlihat warna silver blast , setelah pemakian kurang lebih 1 tahunan maka akan menguning penampakanya ada pada gambar yang dibawahnnya.
Sebagai perbandingan berikut ini juga leheran knalpot merk daytona yang kualitas bagus tapi juga sama , bagian leherannya menguning yang terlihat pada gambar vixionku dibawah ini . Oiya untuk penggunaannya sendiri leheran knalpot merek daytona ini saya gunakan kurang lebih umurnya sama dengan knalpot tridente yaitu 1 tahunan lebih.
Jadi kesimpulannya adalah semua leheran knalpot racing dengan bahan stainless steel bakalan menguning, tapi beda dengan bahan titanium , untuk bahan titanium maka bakalan menjadi biru2 keren bet dah.
Solusi Cara Biar Leheran tidak menguning
Mengenai cara biar leheran tidak menguning yaitu dengan melakukan poles , proses poles ini lumayan cukup memakan waktu tapi hasilnya akan seperti baru lagi .lalu apa saja alat2 yang dibutuhkan..?
- Autosol
- Kain bersih
Pertama yang harus di lakukan adalah mencuci terlebih dahulu leheran knalpot racing menggunakan rinso (detergen) agar kotorannya bersih , selanjutnya tinggal oleskan autosol di bagian leheran dan bersihkan menggunakan kain , lakukan hal tersebut secara berulang ulang sampai bagian leheran berubah menjadi warna seperti barunya.
Jika mas bro belum paham , maka bisa melihat tutorial videonya dibawah ini yak agar leheran knalpot racingmu seperti baru lagi .
Jika setelah pemakaian menguning kembali maka lakukan proses poles kembali ya.
2. Harganya Tinggi
Sebagian pengguna sepeda motor yang ingin memiliki knalpot 3tech racing menjadi problem yaitu di harga yang lumayan cukup tinggi ,tapi sebagian juga ada pengguna motor yang beranggapan bahwa harga sesuai dengan kualitas yang di dapatkan maksudnya mereka ingin mempunya knalpot yang bisa di setel2 suaranya jadi mereka yang mengeluarkan uang segitu merasa puas dengan knalpot yang dimilikinya.
Jadi menurut saya pribadi harga tinggi itu ya persepsi setiap orang aja sih. Tapi intinya sih harga segitu sesuai dengan apa yang di dapatkan kok , trust me. So buat mas bro sebagai pengguna sepeda motor yang benar2 ingin sekali memiliki knalpot tridente 3 suara sebenarnya ada banyak pilihan kok, 3tech sendiri menjual produk dengan beragam variasi harga dan juga model2nya
3tech racing evolution sendiri menawarkan produk knalpot 3 suara yang memiliki harga cukup terjangkau mulai dari Rp 1.595.000 untuk type ronin katana Full system , sedangkan harga 2.145.000 untuk tipe tridente F19 v2 full system .
Untuk tipe ronin katana memiliki karakter keras, bulet dan agak ngebas. untuk modelnya seperti berikut ini
Sedangkan buat mas bro yang ingin tampilan knalpot lebih menarik ,keren dan mempunyai karakter suara ngebas maka bisa memilih produk2 type tridente, , untuk model2 type knalpot tridente seperti berikut ini :
dan masih banyak lagi lainnya , untuk versi lengkapnya mas bro bisa kunjungi link dibawah :
3. Knalpot Catnya kurang bagus
Untuk knalpot produksi tahun 2017-2018 yang masih menggunakan warna hitam doff itu catnya ngelupas akibat goresan atau lecet gegara clamp dudukan knalpot , berikut ini contoh penampakanya
Kemudian untuk produksi tahun 2019 3tech memperbarui lagi cat knalpotnya dari warna doff menjadi warna glossy ,ternyata problemya masih sama yaitu pada bagian clamp muncul bercak2 lecet akibat clamp dudukan knalpotnya berikut ini penampakannya.
dan terakhir di akhir tahun 2019 3tech racing melakukan inovasi lagi untuk membuat kualitas cat lebih bagus lagi dan tidak mudah lecet selain itu juga pembaruan sistem dudukan knalpot dengan menggunakan clamp adjustable (dudukan model gantung) yang bisa di atur2 sesuai dengan tipe motornya dan mungkin hanya satu2nya knalpot racing yang menggunakan model clamp adjustable seperti ini .
Berikut ini contoh penampakan clamp adjustable model baru (akhir 2020) dan cat model baru yang tidak mudah lecet sehingga kualitas knalpot 3tech sudah tidak di ragukan lagi.
Lalu bagaimana dengan pengguna knalpot 3tech sebelumnya..?
Buat mas bro pengguna knalpot 3tech produksi tahun 2017-2019 yang memiliki problem di bagian cat maka bisa dilakukan service. 3tech racing evolution menyediakan layanan service , untuk detail mengenai proses service mas bro bisa baca ulasan saya dibawah ini :
Untuk proses service ini yaitu penggantian tabung model baru (braket adjustable seperti gambar diatas) dan juga warna cat yang lebih bagus lagi. Sebagai contoh kemaren saya melakukan proses service. Jadi saya punya knalpot tridente f22 yang saya beli tahun 2017 sampe sekarang masih awet , cuman kendala di bagian cat aja , agak ngelupas akibat clamp model cincin, Selanjutnya saya lakukan proses service untuk diganti tabung model baru agar dudukan knalpotnya bisa adjustable, sistem 3 suara model baru . Berikut ini penampakannya
Setelah di lakukan service yaitu silincer knalpot tridente f22 punyaku tak krim ke pabrik , akhirnya jadi juga , untuk proses pengerjaan kurang lebih memakan waktu 1 mingguan dan pengiriman sampe ke rumah 3-4 harian kurang lebih . Untuk hasilnya benar2 cukup memuaskan . Finishing bagus rapi, pengecatan juga udah bagus bet , tahan panas juga , selain itu suaranya untuk mode standard menyerupai knalpot standard pabrik yang lumayan cukup adem, untuk mode racingnya ngebas , enak.
Biaya Service Knalpot 3tech Tridente 3 suara
- Ganti glasswool 100.000
- Ganti system 3 suara 350.000
- Ganti tabung baru 400.000
- Upgrade tabung carbonnya aja 800.000
- Emblem ronin/tridente 50.000
- Repair leher (penyok, gasruk) 150.000
- Biaya Cat ulang 200.000
Untuk cara service knalpot tridente mas bro bisa baca ulasan lengkapnya di postingan dibawah ini .
4. Agak Ribet Pemasangan Shifternya
Buat mas bro yang belum pernah pasang shifter untuk penyetelan suara knalpot tridente mungkin akan merasa bahwa pemasangan shifternya susah (ribet) ,tapi buat yang udah tahu peletakan shifternya sebenarnya pemasangan gampang kok , di pasang sendiri pun bisa asal punya obeng dan kunci2nya.
Untuk tipe motor naked alias bukan motor fairing , biasanya pemasangan shifternya tinggal di jepitkan aja ke bagian stang untuk penampakanya bisa dilihat pada gambar dibawah ini
berikut ini penampakannya
Sedangkan untuk motor fairing, motor bebek dan motor matic peletakan shifternya seperti gambar dibawah ini, oiya paket pembelian sudah di sesuaikan dengan motor jadi pemasangan shifternya sebenarnya tinggal pasang aja , udah dapat adapter buat naruh shifternya jadi mas bro gak perlu lagi beli2 alat tambahan ,alias PNP (plug and playt) atau tidak ada ubahan sama sekali , paket pembelian knalpot mas bro tinggal pasang aja.
Sedangkan untuk pemasangan sistem 3 suaranya seperti gambar dibawah ini, usahakan pemasangan shifternya di posisikan mode standard , baru kemudian selingnya di tarik.
5. Tidak tahu cara perawatan knalpot tridente
Nah sebagian pengguna knalpot tridente yang sudah membeli kurang begitu paham mengenai cara perawatannya , sebenarnya knalpot 3tech itu perawatannya tidak begitu susah asal paham aja hal2 yang penting di bagian knalpot tridente .
untuk perawatannya sendiri disini saya bagi beberapa bagian ya , harapannya mas bro juga bisa melakukan di rumah dan tentunya knalpot yang mas bro miliki awet dan tahan lama sama seperti punyaku yang udah hampir 2 tahunan saya pake di New vixion dan mx kingku .
1. Bersihin Karat di bagian baut katup
Biasanya di bagian baut itu sering terjadi karatan , nah untuk perawatannya jangan lupa selalu bersihkan bagian baut menggunakan amplas halus ukuran 400 (di gosok2 sampe bagian karatannya luntur) selanjutnya bersihkan dengan cairan anti karat seperti wd 40 atau rexco 70. Lakukan jika terjadi karatan saja , kayaknya untuk bagian baut belum menggunakan bahan stainless jadi kalau kena ujan dia karatan
2. Bersihkan bekas gas buang di bagian per
Selanjutnya untuk bagian per yang ada pada sistem 3 suaranya jangan lupa bersihkan dengan cairan pembersih kotoran seperti WD40/rexco 70 dan lain sebagainya tujuannya biar saaat perpindahan dari mode standard ke mode racing tidak seret atau macet.
3. Penggantian glasswol
OK Lanjut, jika di rasa suara sudah mulai berubah alias suaranya udah mulai agak keras , maka sudah waktunya penggantian glaswol , untuk penggantian glaswol bisa di lakukan sendiri atau di bengkel knalpot , pastikan saat pengisian glaswoolnya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit agar suaranya seperti baru lagi dan enak. Oiya jangan lupa setelah selesai pemasangan glaswol gunakan lem sealer untuk menutup bagian paku rivetnya agar tidak bocor knalpotnya.
Kesimpulan
Ok dari semua kekurangan diatas menurut sya pribadi sih hal yang wajar yaa karena hampir semua knalpot racing yang ada di indonesia mengalami hal yang sama , misalnya bagian sambungan silincer dan leheran agak bocor , kemudian leheran menguning , suara knalpot pemakaian lama suaranya agak keras (karena glaswol habis) , dan lain sebagainya.
Nah hebatnya dari 3tech racing evolution adalah dia menyediakan layanan service/repair jadi buat mas bro yang mengalami masalah pada knalpotnya maka bisa di lakukan service , untuk caranya gimana ..? mas bro bisa baca ulasan saya di postingan berikutnya.
Selain itu juga 3tech racing selalu melakukan inovasi terhadap produk2nya agar menjadi produk yang terbaik , berkualitas, bagus dan di sukai oleh semua bikers yang ada di indonesia.